Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 4 September, merupakan momen penting untuk menghargai peran pelanggan dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Di hari ini, berbagai perusahaan di Indonesia salah satunya Bandara Internasional Lombok melakukan pembagian souvenir kepada pelanggan bandara Lombok baik itu pelanggan yang akan terbang maupun pelanggan yang datang. dengan memperlihatkan apresiasi pegawai PT Angakasa Pura Indonesia Cabang Lombok kepada pelanggan dengan berbagai program spesial, hingga kegiatan yang mempererat hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Kegiatan ini dikasanakan pada hari Rabu, 04 September 2024 kegiatan pembagian souvenir dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional. Pelanggan adalah pihak yang turut menentukan keberlanjutan bisnis. Tanpa mereka, produk atau layanan yang ditawarkan tidak akan memiliki pasar. Oleh karena itu, HPN menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan bagaimana perusahaan telah memenuhi kebutuhan pelanggan, serta seberapa besar nilai kepuasan dan kepercayaan yang telah terjalin. Pada dasarnya, HPN juga menjadi ajang untuk merayakan hubungan jangka panjang yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan setianya. Interaksi yang positif dan saling menguntungkan akan menciptakan loyalitas, yang akhirnya dapat membawa keberhasilan yang lebih besar di masa depan. Melalui perayaan Hari Pelanggan Nasional, diharapkan seluruh lapisan perusahaan, baik besar maupun kecil, semakin menyadari pentingnya memperlakukan pelanggan sebagai mitra utama yang harus dihargai, diberdayakan, dan diberikan pengalaman terbaik. Sebab, pelanggan yang puas adalah pelanggan yang loyal, dan loyalitas mereka adalah kunci menuju kesuksesan bisnis yang berkelanjutan.
Penulis: Wahyuni