Tai lale merupakan salah satu produk khas yang diproduksi oleh
masyarakat Desa Tirtanadi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun produk ini belum banyak dikenal oleh
masyarakat luas karena kurangnya branding dan cara pengemasan yang kurang
menarik. Melihat peluang tersebut, para mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram
berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang dapat memberikan solusi terhadap
permasalahan tersebut.
Mataram, 26 Januari
2025 – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Mahasiswa Desa (PMD)
Universitas Mataram mengadakan sosialisasi program Upgrading Kemasan dengan
tema "Pelatihan Pengembangan Kemasan (Packaging dan Branding) Produk Tai
Lale Desa Tirtanadi untuk Usaha Kecil dan Menengah". Kegiatan ini
mengundang narasumber mahasiswi Unram dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu
Adina Edian Putri. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Tirtanadi, ibu-ibu
PKK Desa Tirtanadi, serta Karang Taruna Desa Tirtanadi. Sosialisasi ini
bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam merancang kemasan
yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga produk menjadi lebih
menarik khalayak luas. Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat
terkait pentingnya branding produk melalui digital marketing.
Narasumber
menjelaskan dasar desain harus memuat beberapa point penting, yakni:
1. Warna harus
menarik
2. Menyertakan foto
produk
3. Terdapat
informasi produk, dan
4. Menyertakan
nomor izin edar
Selain itu,
narasumber juga memberikan pemahaman dasar branding yang baik, yaitu:
1. Nama merk yang
mudah diingat, unik dan belum digunakan orang lain
2. Logo yang
sederhana dan mudah dikenali
3. Tagline singkat,
jelas, dan mudah diingat
Sosialisasi ini
mendapat respons positif dari kepala desa dan peserta sosialisasi. Mereka
antusias mengikuti sesi praktik pengemasan dan sangat interaktif saat sesi
dialog/ tanya jawab dengan narasumber.
Diharapkan
sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan calon pelaku UMKM
di Desa Tirtanadi mengenai pengemasan produk dan pemasaran digital sehingga
dapat menguatkan ekonomi lokal melalui
pengembangan produk Tai Lale.